Penerapan Sistem Informasi Pemasaran di Industri Susu Bubuk Formula Studi Pada PT X

Authors

  • Luky Arfianto Paramadina Graduate School

DOI:

https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.619

Abstract

Saat ini semua perusahaan mengalami kompetisi yang tinggi dalam menjalankan bisnisnya. Dengan menerapkan sistem informasi pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran. PT X Indonesia adalah salah satu perusahaan industri susu bubuk formula. Semakin ketat persaingan di industri susu bubuk formula di Indonesia, semakin dibutuhkan sistem informasi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan ketiga komponon sistem informasi pemasaran untuk membuat strategi pemasaran yang efektif. Penelitian kali ini dikerjakan dengan pengamatan secara langsung proses sistem informasi pemasaran di perusahaan PT X Indonesia, dengan melakukan wawancara. Wawancara dilakukan dengan tiga narasumber, yang terdiri atas MAE PT X Indonesia, perwakilan toko, dan RAS PT X Indnesia. Berdasar hasil wawancara terhadap ketiga narasumber, disimpulkan bahwa PT X Indonesia melakukan sistem informasi pemasaran dengan baik. Dari sisi manajemen pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan tingkat efektivitas dari proses manajemen pemasaran secara tertata, tersusun, dan tercatat dengan baik. Perusahaan memiliki berbagai sumber data eksternal dan internal yang dianalisis dan diukur dengan sistematis serta juga terstruktur kemudian juga didistribusikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Arfianto, L. . (2022). Penerapan Sistem Informasi Pemasaran di Industri Susu Bubuk Formula Studi Pada PT X. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), 43-65. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.619