Pengaruh Job Insecurity dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention (Studi Kasus pada Karyawan Milenial dan Gen Z di Bank BJB Cabang Daan Mogot)

Authors

  • Agung Priyono Universitas Tanri Abeng
  • Sunny Tampubolon Universitas Tanri Abeng

DOI:

https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i2.768

Abstract

Bonus demografi yang nantinya akan dihadapi Indonesia akan menjadikan penduduk yang berusia produktif sebagai pengerak dalam suatu organisasi. Usia produktif banyak ditemui pada generasi milenial dan gen Z yang memiliki kecenderungan gaya hidup yang berubah-ubah dan ingin mencoba hal baru karena memiliki kepribadian yang merasa tidak puas. Karakteristik ini mengakibatkan mereka berkeinginan pindah-pindah kerja dari perusahaan sekarang ke perusahaan baru yang disebut turnover intention. Mudahnya berpindah-pindah bekerja dapat dikarenakan ketidakamanan bekerja (job insecurity) dan beban kerja yang ditanggung selama melakukan pekerjaan. Penelitian ini memiliki tujuan menguji dan menganalisis pengaruh job insecurity dan beban kerja terhadap turnover intention. Sampel penelitian berjumlah 83 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria responden yang ditetapkan adalah karyawan generasi milenial dan gen Z Bank BJB cabang Daan Mogot. Analisis data menggunakan SEM-PLS yang kemudian diolah dengan program SmartPLS 3.0. Hasil pada penelitian yang diuji menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan job insecurity terhadap turnover intention. Beban kerja juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap turnover intention.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Priyono, A., & Tampubolon, S. (2023). Pengaruh Job Insecurity dan Beban Kerja terhadap Turnover Intention (Studi Kasus pada Karyawan Milenial dan Gen Z di Bank BJB Cabang Daan Mogot). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 5(2), 15-33. https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i2.768

Issue

Section

Articles