Tren Perilaku Emotional Trading di Indonesia: Analisis Harga SahamTerhadap Dampak Boikot Produk Pro-Israel
DOI:
https://doi.org/10.51353/jmbm.v7i1.924Abstract
Konflik Israel-Palestina telah memicu berbagai tanggapan di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Penelitian ini menyelidiki fenomena perilaku perdagangan emosional di Indonesia terkait boikot produk-produk yang terkait dengan Israel di tengah konflik Israel-Palestina. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, studi ini menganalisis reaksi pasar saham terhadap tindakan boikot dan peristiwa politik yang terkait dengan konflik tersebut. Menggunakan data dari Bursa Efek Indonesia, studi ini berfokus pada lima perusahaan: PT Unilever Indonesia Tbk, PT Mitra Adiperkasa Tbk, PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Sarimelati Kencana Tbk, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk, dan PT MAP Boga Adiperkasa Tbk, yang semua dihubungkan dengan seruan boikot karena dianggap memiliki kaitan dengan Israel. Hasil penelitian mengungkap fluktuasi harga saham selama periode penelitian, terutama setelah gerakan boikot intensif. Penelitian ini menyoroti dampak faktor emosional, termasuk sentimen politik dan solidaritas sosial, terhadap keputusan investor dalam perdagangan saham mengenai perusahaan yang terlibat dalam kontroversi internasional. Dengan mengeksplorasi dinamika ini, studi ini memberikan wawasan tentang hubungan antara konflik politik, perilaku pasar, dan sentimen konsumen di Indonesia.Downloads
References
Alfian, R., Nugroho, W. F., & Yuliana, L. (2024). Analysis of Brand Awareness, Brand Loyalty and Brand Reputation on Purchase Decisions. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.26905/jbm.v11i1.12636
Annur, C. M. (2024, March 25). Gen Z Terdepan dalam Aksi Boikot Produk Pro Israel. https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/35c6d47c3928622/gen-z-terdepan-dalam-aksi-boikot-produk-pro-israel
Antweiler, W., & Frank, M. Z. (2004). Is All That Talk Just Noise? The Information Content of Internet Stock Message Boards. The Journal of Finance, 59(3), 1259–1294. https://doi.org/10.1111/j.1540-6261.2004.00662.x
Bollen, J., Mao, H., & Zeng, X. (2011). Twitter mood predicts the stock market. Journal of Computational Science, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jocs.2010.12.007
Burke, J. (2023). How to be a Renaissance Woman: The Untold History of Beauty and Female Creativity. Profile Books.
El-Bassiouny, N. (2014). The one-billion-plus marginalization: Toward a scholarly understanding of Islamic consumers. Journal of Business Research, 67(2), 42–49. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.03.010
Firmansyah, M. F., Sihite, J. E., Hidayat, R., & K, I. R. (2024). Pengambilan Keputusan Dalam Ketidakpastian. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 9(10), Article 10. https://doi.org/10.8734/musytari.v9i10.6671
Hafez, K. (Ed.). (2000). The Islamic World and the West. Brill. https://brill.com/edcollbook/title/6887
Idris, M. (2023, November 2). Begini Cara Amerika Serikat Mendanai Israel Perang Lawan Hamas. Diakses dari www.money.kompas.com/read/2023/11/02/000600326/begini-cara-amerika-serikat-mendanai-israel-perang-lawan-hamas?page=all.
Judijanto, L., Wibowo, G. A., Hakpantria, H., Nuryanneti, I., Apriyanto, A., Firdaus, A., Haryanti, T., Zafar, T. S., Jumiono, A., Jati, P., Tambunan, D. M., Rochma, A. F., Puspitasari, C. E., & Efitra, E. (2024). Karya Tulis Ilmiah: Panduan Praktis Menyusun Karya Tulis Ilmiah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Muhamad, N. (2023, December 21). Kenapa Orang Indonesia Boikot Produk Pro Israel? Ini Surveinya. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/d2562f2ad0e1d09/kenapa-orang-indonesia-boikot-produk-pro-israel-ini-surveinya
Saksono, A. S., & Yuliana, L. (2024). An analysis of the Bango Soy Sauce Brand’s Reputation and Performance. Jurnal Ekonomi, 13(01), Article 01.
Samantha, N., & Rosyidah, N. (2024). Analisis Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Dikalangan Pedagang Muslim(Studi Pada Pasar Tradisional Porong Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i2.4
Sharma, S., & Sharma, K. (2023). Environment and Society: Climate Change and Sustainable Development. Routledge India. https://doi.org/10.4324/9781003336211
Slamet, F. A., & Yuliana, L. (2024). The Impact of Brand Hate and Negative E-WOM on Non Purchase Intention (Case Study on American Food). Journal of Applied Business Administration, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30871/jaba.v8i2.7721
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan. Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Tarisca, K., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Familiarity Terhadap Brand Credibility (Studi Kasus Merek KFC). Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1776
Umar, P. D. H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.




