Pengaruh Brand Awareness dan Brand Reputation terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Wardah
DOI:
https://doi.org/10.51353/jmbm.v7i1.1004Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh brand awareness dan brand reputation terhadap keputusan pembelian dengan studi kasus merek Wardah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang diterapkan adalah purposive sampling, melibatkan 101 responden. Responden penelitian terdiri dari pria dan wanita berusia sekitar usia 17-57 tahun, berdomisili di Indonesia, dan pengguna produk skincare dan make up merek Wardah. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner Google Form. Penelitian menggunakan pertanyaan tertutup dengan Skala Likert, yang mencakup kriteria jawaban sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju dan sangat setuju. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, brand reputation tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Downloads
References
Alfian, R., Nugroho, W. F., & Yuliana, L. (2024). Analysis of Brand Awareness, Brand Loyalty and Brand Reputation on Purchase Decisions. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(1).
Ambiyah, D., Putri, M. I., & Yuliana, L. (2024). Analisis Reputasi Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek iPhone. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(5), Article 5. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.1992
Astri, A. K., Masyuhur, A. K., & Yuliana, L. (2024). Analisis Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Somethinc. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(5), 1710–1722. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.1983
Azhari, M., & Sazali, H. (2023). Eksistensi Produk Wardah Dalam Pemasaran Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.37
Bali, K., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Periodisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. MASMAN: Master Manajemen, 2(4), 71-79.
Chavadi, C. A., Sirothiya, M., Menon, S. R., & M R, V. (2023). Modelling the Effects of Social Media–based Brand Communities on Brand Trust, Brand Equity and Consumer Response. Vikalpa: The Journal for Decision Makers, 48(2), 114–141. https://doi.org/10.1177/02560909231172010
Dalir, S., Olya, H., Al-Ansi, A., Rahim, A., & Lee, H.-Y. (2021). Increasing Profitability of the Halal Cosmetics Industry using Configuration Modelling based on Indonesian and Malaysian Markets. Journal of Korea Trade, 24, 81–100. https://doi.org/10.35611/jkt.2020.24.8.81
Dang-Van, T., Vo-Thanh, T., Wang, J., & Nguyen, N. (2023). Luxury hotels’ green practices and consumer brand identification: The roles of perceived green service innovation and perceived values. Business Strategy and the Environment, 32(7), 4568–4583. https://doi.org/10.1002/bse.3381
Disemadi, H. S., Sudirman, L., Seroja, T. D., Budi, S., Rusdiana, S., & Modjo, M. D. (2024). Meningkatkan Kesadaran Remaja terhadap Penggunaan Konten Digital sebagai Hak Cipta.
Fadhila, A., Sukoco, I., Barkah, C., & Novel, N. (2024). Kajian Literatur Peran Brand Community Dalam Efektivitas Pemasaran Kosmetik Lokal X Melalui Strategi Amplified Electronic Word Of MouthKajian Literatur Peran Brand Community Dalam Efektivitas Pemasaran Kosmetik Lokal X Melalui Strategi Amplified Electronic Word Of Mouth. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6, 237–247. https://doi.org/10.36985/gfq7m052
Fadhillah, R., Yuliana, L., & Perkasa, D. H. (2024). Pengaruh Pembangunan Pusat Jajanan Desa (Pujadesa) Terhadap Pengembangan UMKM Di Desa Air Mesu. Multidisipliner Knowledge, 2(2).
Fakhreza, T. H., & Siregar, M. A. T. (2023). Urgensi Meningkatkan Sistem Pengawasan. In Buletin APBN: Vol. VIII (13th ed., p. 3).
Fauzan, R., Priantono, T. D., & Yuliana, L. (2023). Pengaruh Brand Familiarity Dan Perceived Quality Terhadap Brand Credibility. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(2), 844-855.
Firdaus, A. Y. A., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Reputasi Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum NU Berkah. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 84-98.
Fitriati, R., Madu Siwi, I. S., Munawaroh, & Rudiyanto. (2023). Mega-Influencers as Online Opinion Leaders: Establishing Cosmetic Brand Engagement on Social Media. Journal of Promotion Management, 29(3), 359–382. https://doi.org/10.1080/10496491.2022.2143992
Hamdani, R., & Yuliana, L. (2024). The Impact of Brand Credibility on The Brand Reputation of Teh Botol Sosro Brand. Journal of Applied Business Administration, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30871/jaba.v8i1.7319
Heriyati, P., Bismo, A., & Erwinta, M. (2024). Jakarta’s Generation Z and Local Fashion Industry: Unveiling the Impact of Brand Image, Perceived Quality, and Country of Origin. Binus Business Review, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.21512/bbr.v15i1.10162
Hidayat, K., & Idrus, M. I. (2023). (PDF) The effect of relationship marketing towards switching barrier, customer satisfaction, and customer trust on bank customers. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1), 29.
Jahan, N. (2024). The Role of CSR in Enhancing Brand Reputation and Consumer Trust. 1, 1–7. https://doi.org/10.70008/nhj.v1i03.3
Justiana, S., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Produk Mother Of Pearl. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 150-158.
Katerina, A., Simanjuntak, A., Terenggana, C. A., & Tyra, M. J. (2023). The effect of brand awareness and brand image on purchasing decisions for Scarlett whitening products. Journal of Business and Information System (e-ISSN: 2685-2543), 5(1), 11–18. https://doi.org/10.36067/jbis.v5i1.167
Khoiroh, A., Elvira, D., & Yuliana, L. (2023). Pengaruh Brand Signature Dan Brand Logo Terhadap Brand Reputation. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 629-638.
Mahran, Z. A., & Sebyar, M. H. (2023). Pengaruh Peraturan Menteri Perdagangan (PERMENDAG) Nomor 31 Tahun 2023 terhadap Perkembangan E-commerce di Indonesia. Hakim: Jurnal Ilmu Hukum dan Sosial, 1(4), 51-67.
Marianti, S., Dharma, T. A., & Yuliana, L. (2023). Pengaruh Brand Familiarity Terhadap Brand Credibility. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 529-537.
Melani, E., & Yuliana, L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Sandal Era Digital: Studi Kasus Juan Jaya Sandals. Manajemen Kreatif Jurnal, 2(4), 27-38.
More, A. (2023). Implementing Digital Age Experience Marketing to Make Customer Relations More Sustainable (pp. 99–119). https://doi.org/10.1007/978-3-031-20443-2_5
Mustikasari, M., Rusfianti, S., & Yuliana, L. (2023). Pengaruh Brand Signature Dan Brand Familiarity Terhadap Brand Attitude. Jurnal Ilmu Manajemen, 41–50. https://doi.org/10.26740/jim.v11n1.p41-50
Nazara, D. J., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Yuan Wira Perdana. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 22-30.
Ningsih, T. R. W. S., Mulyati, A., & Yuliana, L. (2023). Analisa Dampak Promosi Below The Line Terhadap Keputusan Pembelian Sektor Elektrikal. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 547-556.




