Aspek Manajemen Komunikasi pada Perubahan Organisasi (Studi Kasus Perusahaan Gojek Indonesia dalam Menangani Keengganan Perubahan)

Authors

  • Firman Kurniawan Sujono Paramadina Graduate School

Abstract

Perubahan dan komunikasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Banyak perubahan yang dilakukan perusahaan berakhir gagal akibat proses komunikasi yang buruk. Tingginya pengguna internet dan kemacetan di berbagai kota di Indonesia, memunculkan perubahan sistem layanan transportasi online. Salah satunya adalah Gojek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gojek Indonesia mengelola dan membangun komunikasi dengan penyedia transportasi konvensional yang sulit untuk  menerima keberadaan dan bergabung dengan Gojek. Terjadi resistensi, keengganan untuk mengalami perubahan. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan content analysis dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan keengganan untuk berubah dan bergabung pada praktik baru layanan transportasi, yang berbasis online, diakibatkan oleh everything seems different, seperti membutuhkan smartphone untuk mengakses aplikasi Gojek dan mekanisme keuangan, dalam hal ini adalah pembayaran dan mekanisme pencicilan. Sebagai bentuk aspek komunikasi yang dilakukan oleh Gojek adalah melakukan sosialiasi terutama ojek pangkalan sebelum masuk ke wilayah kota tertentu, memberikan prioritas untuk registrasi dan bergabung, serta memberikan pelatihan penggunaan  smartphone.

Author Biography

Firman Kurniawan Sujono, Paramadina Graduate School

Magister Management Paramadina Graduate School

Downloads

Published

2021-04-28