PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP MINIMARKET MODERN

Authors

  • Hhandi Risza

Abstract

Perkembangan ritel modern yang tumbuh dengan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, telah memberikan pengaruh terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Muslim dalam menentukan pilihannya dalam membeli produk barang dan jasa. Ritel modern tumbuh dan berkembang dalam tiga kategori super-market, hyper-market dan mini-market. Dari ketiga ritel modern tersebut, mini-market yang banyak bersinggungan dengan masyarakat kebanyakan. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, masyarakat Muslim Indonesia tentu membutuhkan produk barang dan jasa yang halal dan thoiyibah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen Muslim terhadap strategi pemasaran Minimarket X dan Y yang banyak berdiri ditengah-tengah masyarakat. Penelitian menggunakan data 539 data responden yang tersebar di Jakarta Barat. Hasil Penelitian ini memberikan gambaran mengenai persepsi konsumen Muslim terhadap strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan pelayanan) Minimarket X dan Y, baik dilihat dalam umum dan syariah. Ternyata, bagi persepsi konsumen Muslim, aspek promosi dan pelayanan yang memberikan pengaruh yang signifikan bagi pemilihan pembelian barang di Minimarket X dan Y.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Risza, H. (2021). PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP MINIMARKET MODERN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 2(2). Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/442