ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA SHOPEE, TOKO KOPI TUKU, ZALORA, PT. TIRTA INVESTAMA (AQUA))

Authors

  • Siti Adelia Quraniah Universitas Paramadina
  • Iin Mayasari Universitas Paramadina

Abstract

Fenomena berkembangnya sosial media yang beralih fungsi sebagai alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan di Indonesia untuk terjalinnya customer relationship menjadi dasar terjadinya penelitian ini. Penelitian berupa analisis yang dilakukan kepada Shopee, Zalora, Toko Kopi Tuku, dan AQUA dengan melihat customer relationship management yang telah dilakukan. Kegiatan analisis pada penelitian ini mengacu pada 8 konsep yang dikemukakan oleh Clow and Back yaitu building media social presence, content seeding, real time marketing, video marketing, influencer marketing, interactive blogs, consumer generated review, dan viral marketing. Kegiatan analisis dari penelitian ini berfokus pada instagram, youtube, dan juga website masing-masing subjek. Hasil analisis dari penelitian ini mengemukakan bahwa Shopee, Zalora, Toko Kopi Tuku, dan AQUA telah menyadari pentingnya penggunaan sosial media dalam kegiatan pemasaran dan juga sebgai tempat untuk berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen.

Downloads

Published

2022-02-16

How to Cite

Quraniah, S. A. ., & Mayasari, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA SHOPEE, TOKO KOPI TUKU, ZALORA, PT. TIRTA INVESTAMA (AQUA)). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 3(1). Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/530