Pengaruh Green Innovation, Green Intellectual Capital, dan Organizational Environmental Management Terhadap Green Competitive Advantage (Studi Pada PT Batik Danar Hadi Surakarta)

Authors

  • Irwanto Universitas Media Nusantara Citra
  • Lutfi Alhazami Alhazami

DOI:

https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i2.776

Abstract

Perusahaan dituntut untuk menerapkan konsep green innovation untuk meminimalisasi pencemaran dan menjadi peluang memperoleh keunggulan kompetitif perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green  innovation, green intellectual capital dan organizational environmental management  terhadap green competitive advantage pada PT Batik Danar Hadi Surakarta sebagai salah satu perusahaan Batik di Surakarta yang telah menerapkan konsep green innovation, green intellectual capital dan organizational environmental management dalam proses produksinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden. Instrumen yang digunakan peneliti adalah kuesioner. Pengujian kualitas pada instrumen penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tools Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 23. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara green innovation, green intellectual capital dan organizational environmental management terhadap green competitive advantage dengan nilai R-Square sebesar 0,936. Analisis ini hanya dilakukan pada satu perusahaan manufaktur dan tidak memperhitungkan variabel lain atau variabel moderator yang ikut mempengaruhi green competitive advantage.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Irwanto, & Alhazami, L. A. (2023). Pengaruh Green Innovation, Green Intellectual Capital, dan Organizational Environmental Management Terhadap Green Competitive Advantage (Studi Pada PT Batik Danar Hadi Surakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 5(2), 83-101. https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i2.776

Issue

Section

Articles